Pemasangan Rangka Struktur Kubah

Kamis, 21 Agustus 20140 komentar



Pemasangan Rangka Struktur Kubah
INSTRUKSI KERJA
PEMASANGAN RANGKA STRUKTUR UTAMA
A. Peralatan yang digunakan :
1. Trafo las.
2. Gerinda tangan
3. Bor tangan
4. kuas
5. Tambang
6. Polyblock
7. Peralatan panjat
8. Rollmeter
9. Waterpass
10. Kunci pas 18-20|


B. Bahan yang digunakan :
1. Angkur/dinabolt.
2. Base plate.
3. Kawat las.
4. Cat besi.
5. Pipa yang telah diproduksi di workshop.
6. Lem beton sikadur 31 CF.
C. Pelaksanaan :
1. Posisi angkur/dinabolt dan base plate ditentukan baik secara horisontal maupun vertikal. Penentuan titik ini dilakukan tenaga ahli/surveyor dengan menggunakan peralatan meteran panjang. Penentuan posisi harus tepat dan rata ketinggiannya.
2. Pada posisi yang telah ditentukan, dipasang angkur/dinabolt pada tulangan-tulangan balok ringbalk. Dengan cara menciping/melubangi ring balok yang ada. Pemasangan angkur dilakukan dengan pengelasan penuh agar angkur terikat kuat menyatu dengan tulangan balok. Setelah angkur terpasang, balok siap di-cor.
3. Pengecoran campuran mortar diberi campuran sika cim. Sebelum diadakan pengecoran daerah titik cor dibersihkan terhadap debu dan kotoran lalu diberi atau disapukan lem beton sikadur 31 CF.
4. Setelah angkur terpasang dan balok telah di-cor, dilakukan pemasangan base plate. Titik level base plate dicek kembali (secara vertikal dan hirisontal) untuk mendapatkan posisi yang tepat. Setelah berada pada posisi yang diinginkan, base plate dibaut kuat agar posisi tidak berubah/bergeser. Pada bagian yang berongga antara base plate dan ringbalk, ditutup dengan semen grouting.
5. Pemasangan rangka struktur kubah dilakukan dengan merangkai kembali segmen-segmen rangka yang telah dibuat/diproduksi di workshop.
6. Dari rangkaian segmen bawah sampai rangkaian segmen atas (payung) penyambungan antara segmen dilakukan dengan cara pengelasan penuh (full welding).
7. Setelah rangkaian segmen semua terpasang terbentuklah rangkaian struktur kubah lalu dilakukan pengecatan zinchromate pada pertemuan simpul-simpul rangka struktur dan diakhiri dengan cat finishing yang ditentukan.
8. Pemasangan hiasan benangsari dipasang tepat di bawah rangka payung dengan cara pengelasan pada rangka struktur.
Related Posts:
  • Kubah Masjid Institute Agama Islam Negeri – IAIN Mataram NTB
Kubah Masjid IAIN (Institute Agama Islam Negeri) Mataram , NTB (Pulau Lombok) yang telah kami kerjakan dengan ukuran ..
  • Rangka Kubah Warna Emas Masjid Al-Usman Wonosobo
Berikut ini adalah foto pemasangan rangka kubah yang sedang kami kerjakan di daerah wisata puncak pegunungan dieng wonosobo ..
  • Detail conus sistem hexagone space frame
Gambar detail desain conus dan hexagone pada sambungan space frame untuk diameter pipa 1,5 inch sampai dengan diameter  ..
  • Desain Atap Kubah Masjid Ponpes Al-Fitroh Ujung Pangka Gresik
* Rangka Atap limas dan kubah tampak dalam ukuran 9 x 9 meter * * Lapisan Kedap Air ..
  • Metode Pemasangan Space Frame
Metode Pemasangan Rangka Struktur Space Frame harus dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Pemasangan angkur dan support harus ..

Share this article :
 
Support : Creating Website | My Work | My Steel
Copyright © 2014. atap masjid - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger